Langsung ke konten utama

Insto Dry Eyes Pahlawan Untuk Mata Kering

    Libur panjang kali ini, buat aku hobi banget nonton drama korea alias drakor. Dalam sehari, aku bisa nonton sampai 8 episode. Setiap episode berdurasi kurang lebih satu jam. Itu berarti 8 jam pula mataku berada di depan layar. Ini berdampak pada kondisi mataku yang cepet banget kering. Biasanya di 3 episode pertama, udah mulai deh gejala mata kering muncul.
    Sindrom mata kering atau yang mempunyai nama lain keratoconjunctivitis sicca adalah kondisi mata yang mengalami kekurangan cairan air mata yang berfungsi sebagai pelumas. Ini wajar dan sering terjadi dalam keseharian kita beraktivitas. Namun kalau dibiarkan terlalu lama, mata bisa menjadi merah dan sangat gatal. Ini bukan wajar lagi namanya!
Sebenarnya, kenapa sih kita bisa mengalami mata kering?
    Jadi, mata kering bisa disebabkan banyak hal. Beberapa yang pernah aku alami
    1. Terlalu lama menatap layar gawai.
        Hal terberat bagi seorang penonton drakor adalah ini nih. Susah banget lepas dari layar. Sampai Ibu bilang, “Tempelin sono matanya ke laptop!” aku langsung angkat tangan dan berhenti untuk beberapa jam. Huhu.

    2. Berada di ruang ber-AC dalam durasi panjang. 
        Udara kering yang ditimbulkan dari ruangan ber-AC membuat air mata cepat menguap. Kendala banget deh buat yang kerja kantoran. Akibatnya mata lelah akan siap menghampiri. Ini sering terjadi padaku yang nonton drakor di kamar ber-AC. Jadi galau mau lanjutin nonton atau engga :(
maap kalo AC-nya keliatan nempel di kepala:( kamar yang ada AC-nya lagi dipake:(

   3. Berkendara motor terlalu lama. 
        Hayo, angkat tangan yang selain pinggangnya pegel, mata juga ikutan pegel usai motoran! Ini terjadi karena mata terpapar partikel debu melalui hempasan angin. Whoosh! Berikut foto aku saat menuju ke rumah teman untuk minta file drakor.
maap (lagi) kalo kaget :(
intinya, segala yang berlebihan itu tidaklah baik~


Aku sering main hengpon tapi kok nggak kenapa-kenapa ya?
    Nah ini juga pertanyaanku sebelum mempelajari tentang si mata kering! Ternyata aku belum paham gejala mata kering. Mungkin aku sering mengalaminya, tapi karena terlalu asik mengikuti alur cerita drakor jadi mengabaikannya. Aduh, gawat banget! Padahal, mata termasuk organ vital yang dimiliki manusia, tapi malah seringkali kita menganggap enteng perawatannya.
    Setelah berselancar di internet, ada 3 gejala umum yang menunjukkan bahwa mata kita sedang kering.
    1. Mata Sepet
        Pernah ngerasain seperti ada yang mengganjal di dalam mata? Wah, itu pertanda mata sepet. Kalau udah gini, biasanya muncul rasa gatal yang juga menimbulkan keinginan untuk menguceknya.
   2. Mata Pegel 
        Nggak cuma anggota badan, mata juga bisa pegel lho! Biasanya dimulai dari rasa tegang pada bola mata, kemudian bisa menjalar ke bagian wajah hingga kepala. Nggak nyaman banget deh pokoknya! Ciri lainnya adalah mata menjadi berat untuk berkedip.
   3. Mata Perih
        Hati-hati kalau mata udah mulai berair karena ini merupakan awal mula mata perih. Setelahnya, penglihatan bisa menjadi tidak fokus dan menimbulkan merah pada mata. Jika tidak segera ditangani, akan semakin parah, lho.
sumber: https://instodryeyeducation.com
Wah, ternyata ada gejala yang tak sadar pernah kualami. Terus, cara mengatasinya gimana dong kak?
Dapet ilmu dari hellosehat.com, mengucek mata bisa menyebabkan infeksi mata. Apalagi jika kita mengucek mata dengan tangan yang belum tentu bersih. Bisa bayangin betapa banyak kuman yang bisa masuk ke mata? Selain itu, juga dapat membentuk kantung mata, menimbulkan penyakit saraf (glaukoma), dan bisa mengubah bentuk kornea. Ngeri banget!
Solusi yang paling tepat adalah…
JENG! JENG!! JENG!!!

Yep, Insto Dry Eyes! Wah, pasti udah ketahuan nih dari judulnya. Maap ye spoiler.

Kenapa harus Insto Dry Eyes?
Karena INSTO DRY EYES mengandung bahan aktif hydroxypropyl methlcellulose yang dapat memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata dan meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Serta dapat membunuh bakteri.

Aku tipe penonton drakor yang galau abis kalau harus menunda di tengah-tengah episode. Biasanya aku mengistirahatkan mata sekitar 5-10 menit. Atau dibarengi dengan nyemil buah-buahan yang kaya vitamin.
Di saat mata mulai terasa berat karena candu drakor, aku buru-buru netesin Insto Dry Eyes ke mataku. Uhuy, langsung legaaaaah! Sensasi dingin dan segar bercampur jadi satu melawan mata sepet+pegel+perih yang kualami. Woah, jadi nyaman kembali untuk nonton.

Pokoknya Insto Dry Eyes udah masuk ke dalam starter pack aku nonton drama korea!
maapin lagi ye idung mancungku terlihat.

Komentar

  1. Kocak tapi tetep berfaedah ya HAHA semangat ngedrakornya!✊

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat dan mudah dipahami karena pake bahasa yang santai hehehe, semangaaaatt! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah berkomentar untuk mengembangkan blog ini menjadi lebih baik. let's be mutual! :)

Postingan Favorit

Setelah Mendongeng Pkn-_- (Part 2)

Gue minta duit maaf, soalnya gue gak nge-post pas di hari senin postingan kemarin-__- Setelah postingan yang terakhir itu, besoknya emang presentasi. Tapi ada urutan tersendirinya. Kelompok gue dapet urutan ke-empat. Lumayanlah. Karena, saat itu, banyaaaakkk banget kejadian yang gak terduga.  1. Dayu gak bawa laptop. Padahal di laptopnya dia, ada lagu latar yang udah kita siapin. Alhasil semua anggota marah sama dia. Untungnya, dia bawa flashdisk :) 2. Ternyata oh ternyata, flashdisk-nya Mamih Dayu ini kena virus! Jadi mau flashdisk ini dimasukin ke laptop manapun, hasilnya  tetep NIHIL. 3. Salah satu wayang kita HILANG. Gue cukup pasrah dengan kejadian flashdisk itu. Mungkin kelompok kita ditakdirkan untuk tidak memakai suara latar. Gue pun itung lagi semua wayangnya. Ternyata oh ternyata lagi, wayang kita menghilang satu. Dan itu adalah wayang si Pak Radjiman Wedyodiningrat.

Aku Akan Di Belakangmu Meski Tak Selamanya~

 Mataku terbelalak kaget dengan perasaan senang mendapati selebaran daftar lomba bahasa indonesia yang terpajang di mading sekolah. Keren ! Coba kalau aku bisa ikut..  "Mau ikut? Ikut aja kali, Fir. Kalau kusaranin nih yaa.. Mending ikut lomba baca puisi aja. Kamu kan bagus kalo baca puisi, siapa tau bisa menang..," saran Rima yang ada di sampingku.   "Emang kamu ikut?" hmm... Pertanyaan yang aku sudah tau jawabannya.  " Ikutlah... Tapi, aku pinjem puisimu ya... Nanti aku bacain pengarangnya deh.. Karya : Fira Putria... Hahahah..." aku tertawa mendengar cara bicaranya.  "Aku ikut kalau Vino ikut.." kataku akhirnya. Vino, orang yang sudah mengambil separuh hatiku selama 3 bulan.  "Yaah... Terserah deh... Kalau di pikir-pikir, emang dia bisa apa?" tanya Mira dengan nada merendahkan, lalu pergi ke kelas. 

Menjadi Sahabat yang Baik

Jadi apa yang muncul di pikiran lo saat mendengar kata 'sahabat' ?  Orang yang paling paling paliiingg deket sama lo?  Orang yang lebih dari sekedar teman? Atau, orang yang kalau dia pergi, lo berasa kehilangan salah satu organ terpenting lo? '-' Gue akan berhenti menerka-nerka. Karena gue tahu, pandangan tiap orang itu beda-beda. Jadi definisikan itu sendiri :3 Kalo menurut gue, sahabat itu: temen yang lebih dari sekedar temen biasa, berawal dari gak kenal > kenal > saling curhat > ejek-ejekan > saling lempar-lemparan upil :3 Eitts, tapi, apa menurut lo, orang yang lo anggap sahabat, juga menganggap lo sahabat? Oke, gue ganti pertanyaan. Apakah lo merasa, lo udah menjadi yang terbaik baginya? Manusia itu gak ada yang sempurna, gak perlu jadi sempurna untuk orang lain. Lo cuma perlu jadi yang terbaik sebisa lo. Jadi, bagaimana cara menjadi sahabat yang terbaik baginya?